STKIP Hamzar Berkembang Pesat di Lombok Utara

Lombok Utara – Sekolah Tinggi Kejuruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzar Kabupaten Lombok Utara, merupakan satu-satunya pergurusn tinggi swasta yang memperoleh ijin operasional dari Kemendiknas dengan Nomor : 04/D/O/2011 dan mengalami perkembangan cukup pesat.
Hal ini dapat dilihat dari jumllah mahasiswanya yang dalam dua tahun trakhir ini mencapai 476 orang yang terbagi dallam dua jurusan yaitu, Program Studi, S-1 PGSD dan S-1 PG-PAUD.
Khusus program Studi S1 PGSD ini, STKIP Hamzar KLU,  mempunyai orientasi visi, misi, sasaran, dan tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu memberikan output yang sesuai dengan standar akademik yang ditentukan, tetapi juga mampu memenuhi kualifikasi pasar kerja yang kelak akan memanfaatkan output itu oleh masyarakat.
Dalam hal penguatan proses pendidikan dan pengajaran STKIP Hamzar melakukan aktivitas-aktivitas yang meliputi evaluasi kualitas dan evaluasi kurikulum, pengiriman dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengikuti seminar, workshop, dan pelatihan, melengkakapi dan menyempurnakan sarana dan prasarana perpustakaan, laboratorium, maupun sarana dan prasarana belajar lainnya.
Sedangkan pada aspek penelitian, penyempurnaan dan upaya-upaya konstruktif yang dilakukan adalah melaksanakan penelitian-penelitian dengan topik-topik yang relevan dengan pengembangan prodi. Selain itu, untuk memperoleh dana penelitian Prodi mendorong agar dosen aktif mencari ke luar, selain dana yang disediakan oleh STKIP, selanjutnya, hasil penelitian itu diseminarkan dengan maksud mendapatkan masukan dari berbagai pihak, sekaligus sebagai evaluasi dan sosialisasi.
Di bidang pengabdian masyarakat, yang merupakan aspek ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, STKIP Hamzar melakukan pemilahan dan pemilihan persoalan-persoalan dan isu-isu yang dianggap relevan dengan konteks akademik dan bidang apapun, tanpa mengabaikan visi dan misi yang ada.
Kegiatan ini dilakukan selain  sebagai bentuk pengamalan ilmu yang dimiliki sekaligus sebagai upaya menjalin relasi-relasi sosial yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi terwujudnya sebuah institusi pendidikan yang berkualitas dan memiliki kepekaan sosial. Adapun bentuk-bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan meliputi ceramah keagamaan, pelatihan, kursus-kursus dan lainnya, yang diberikan kepada masyarakat atau institusi yang membutuhkan.
Dalam desain kurikulum Program Studi S1 PGSD merupakan implementasi dari visi, misi dan sasaran tujuan yang secara operasional dilakukan dalam kerangka menghasilkan kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya, yakni kompetensi paedagogis, profesional, kepribadian dan sosial yang didasari oleh nilai-nilai Islami.
Sistem perkuliahan yang berlaku di Program Studi S1 PGSD  STKIP Hamzar Lombok Utara adalah Sistem Kredit Semester (SKS), yaitu suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengelaman belajar dan beban penyelenggaraan program.
Sementara sarana dan prasarana perkuliahan termasuk fasilitas pendukung lainnya sudah tersedia, seperti perpustakaan, ruang kuliah, laptop, LCD/infocus, dan lain-lain. Selain itu tersedia fasilitas lainnya seperti internet, kantin, sarana olah raga dan lain-lain.
Sebagai tindak lanjut perijinan oprasional, kini pengelola STKIP Hamzar terus berupaya dan bekerja keras menyelesaikan semua persyaratan akreditasi. (sk-010)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s