STKIP Hamzar Mulai Beroperasi

Lombok Utara,
Sekolah Tinggi Kejuruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzar  yang terletak di Kabupaten Lombok Utara, sejak Juli 2010 mulai beroprasi.

H. Mashal SH,MM (ketua  Pengelola STKIP Hamzar Lombok Utara) beserta salah seorang dosenUntuk mengawali langkahnya,  pengelola STKIP Hamzar membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2010, dengan program S-1  PGSD dan PGPAUD.

Yang menjadi visi SKIP Hamzar yaitu menyiapkan tenaga pendidik yang layak dan berakhlak dengan Tri Daharma Perguruan Tinggi.  Sementara misinya yakni mewujudkan ST yang memadai dan lulusannya dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya; meningkatkan tenaga didik dilingkungan pendidikan nasional, sehingga kedepan lulusan dari STKIP Hamzar dapat menjadi tenaga didik yang layak sesuai bidangnya masing-masing.

Selain itu, STKIP Hamzar juga akan terus menjalin kerjasama dengan pemerintah, pemerhati pendidikan dalam memasyarakatkan tri dharma perguruan tinggi.

Cikal bakal berdirinya, STKIP Hamzar, semenjak pendiri yayasan Maraqitta’limat, TGH.M. Zainuddin Arsyad masih hidup.  Hal itu ditunjukkan dengan didirikannya puluhan lembaga pendidikan di Kabupaten Lombok Utara oleh beliau.  Dan untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pada tahun 2004, sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi bekerjasama mendorong terbentuknya lembaga pendidikan tinggi yang bernaung di Yayasan Maraqitta’limat  pimpinan TGH. Hazmi Hamzar.

Pada tanggal 15 Februari 2004, yayasan Maraqitta’limat mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Hamzar yang berkejasama dengan PTS terakreditasi dalam bentuk MOU, dan telah mewisuda mahasiswanya sebanyak lima kali.

Setelah PTS ini sukses, yayasan Maraqitta’limat, kembali mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hamzar yang berlokasi di Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur.  STIKES inipun sudah memperoleh ijin Mediknas No. 36/D/)/2009 dan ijin Depkes RI, No. HK.03.05/1/4/4953/2008 dengan membuka dua program studi S-1 Keperawatan dan DIII Kebidanan.

Sesuai dengan program Yayasan Maraqitta’limat yang ingin menciptakan satu rumah satu sarjana, maka kembali didirikan STIKP Hamzar yang letaknya di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Tentu saja keberdaan STKIP ini disambut antusias oleh masyarakat, karena mengingat kabuapaten Lombok Utara adalah sebuah kabupaten pemekaran baru.

Untuk mengawali langkah pendiriannya, pejabat bupati Lombok Utara melalui  Dikbudpora mengeluarkan rekomendasi tanggal 12 Agustus 2009, nomor: 421.4/643/Dikbudpora, dan disusul dengan ijin penerimaan mahasiswa baru setelah dilakukan visitasi oleh lembaga berwenang, dalam hal ini Dirjen Dikti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s